Rabu, 12 September 2012

Tidur Sehat, Kuliah Lancar


Tidur Sehat, Kuliah LancarBANYAK studi membuktikan, kita membutuhkan tidur sekira delapan jam di malam hari. Tetapi, beberapa studi lainnya menyatakan, enam jam tidur malam pun cukup. Berapa pun lamanya kita tidur, tidak akan berguna jika tidur kita tidak berkualitas. Padahal, tidur yang berkualitas dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan pikiran di tengah kepadatan aktivitas di kampus. Berikut beberapa kiat untuk meraih tidur berkualitas, seperti dilansir Huffington Post, Rabu (5/9/2012). 


Olahraga rutin 
Sebaiknya, jangan berolahraga di malam hari. Juga sebaiknya hindari kafein setelah pukul 14.00. Hindari juga makan saat larut malam dan mengonsumsi alkohol. Tetapi, jangan pergi tidur dalam keadaan lapar. 

Jangan pakai barang elektronik 
Hentikan penggunaan laptop, tablet, smartphone, di malam hari. Penggunaan gadget ini tidak hanya akan terus menstimulasi kerja otak, tetapi sinar terang dari layarnya juga dapat disetarakan dengan aktivitas jalan-jalan pagi di bawah sinar matahari.

Kamar hanya untuk tidur
Pastikan untuk memfungsikan kamar hanya sebagai tempat untuk tidur. Jangan belajar, menonton televisi atau melakukan hal lainnya di kamar. 

Tetapkan waktu tidur rutin 
Jika kita memiliki jadwal kuliah pagi beberapa hari dalam seminggu, jangan tidur hingga siang di hari-hari lainnya. Para ahli berkata, jadwal rutin adalah poin penting dalam meraih tidur yang sehat. 

Hindari tidur siang
Tetapi, jika terpaksa harus tidur siang, tidurlah sebelum pukul 15.00, dan jangan lebih dari 20 menit. Jika tidak, maka kita akan terjaga semalaman. 

Pasang alarm
Sejak sore, atur waktu bangun di jam weker dengan jumlah waktu tidur yang masuk akal. Cara ini akan mengurangi "kebutuhan" kita pada alarm di pagi hari. Jika kita membutuhkan alarm untuk bangun pagi, maka kita sebenarnya tidak cukup tidur.



Copyright © 2012. Berita Bejo - All Rights Reserved